2012/12/14

Struktur Anatomi Jaringan Otot


Jaringan otot berfungsi untuk menggerakan organ – organ dalam tubuh, kemampuan untuk bergerak karena jaringan otot dapat berkontraksi. Didalamnya molekul – molekul protein membangun sel otot dapat memangjang dan memendek sehinggak organ – organ dalam tubuh dapat bergerak. 
Jaringan otot dibagi menjadi 3 macam :


 
1. Jaringan Otot Polos
Jaringan otot polos mempunyai serabut-serabut (fibril) yang homogen sehingga bila diamati di bawah mikroskop tampak polos atau tidak bergaris-garis. Otot polos mempunyai bentuk sel seperti gelendong, bagian tengah besar, dan ujungnya meruncing. Dalam setiap sel otot polos terdapat satu inti sel yang terletak di tengah dan bentuknya pipih. Otot polos berkontraksi secara refleks dan di bawah pengaruh saraf otonom (otot tidak sadar). Sehingga disebut otot involunter dan selnya dilengkapi dengan serabut saraf dari sistem saraf otonom. 



2. Jaringan Otot Lurik
Nama lainnya adalah jaringan otot kerangka karena sebagian besar jenis otot ini melekat pada kerangka tubule atau pada bisep dan trisep. Dinamakan otot lurik karena bila dilihat di bawah mikroskop tampak adanya garis gelap dan terang berselang-seling melintang di sepanjang serabut otot. Oleh sebab itu nama lain dari otot lurik adalah otot bergaris melintang.
Otot lurik mempunyai serabut kontraktil yang memantulkan cahaya berselang-seling gelap (anisotrop) dan terang (isotrop). Sel atau serabut otot lurik berbentuk silindris atau serabut panjang. Setiap sel mempunyai banyak inti dan terletak di bagian tepi sarkoplasma.


3. Jaringan Otot Jantung/ Miokardium

Jaringan otot ini hanya terdapat pada lapisan tengah dinding jantung. Strukturnya menyerupai otot lurik, namun Otot jantung berbentuk silindris atau serabut pendek. Otot ini tersusun atas serabut lurik yang bercabang-cabang dan saling berhubungan satu dengan lainnya. Setiap sel otot jantung mempunyai satu atau dua inti yang terletak di tengah sarkoplasma. Ciri khas otot jantung adalah mempunyai diskus interkalaris, yaitu pertemuan dua sel yang tampak gelap jika dilihat dengan mikroskop.
Perbedaan jaringan otot polos, lurik dan Jantung


ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق